Tingkatkan Keimanan Personil Polsek Muara Baru Melalui Pembinaan Mental dan Rohani

TINGKATKAN KEIMANAN PERSONIL POLSEK MUARA BARU MELALUI PEMBINAAN ROHANI DAN MENTAL

Selasa, 30/8/2016. Demi menjaga ketaqwaan dan keimanan kepada Allah S.W.T pagi ini personil Polsek Kawasan Muara Baru mendapatkan pembinaan rohani dan mental dari SDM Polda Metro Jaya Ustad Sulaiman.

Pada pembinaan rohani dan mental kali ini Ustad Sulaiman menyampaikan pencerahan mengenai “KULTUM QURBAN”
Abdullah bin Abbas ra berkata bahwa Rasulullah pernah didatangi seorang laki-laki, ia berkata, Ya Rasulullah sesungguhnya aku mampu menyembelih seekor unta, dan mampu untuk membelinya, namun aku tidak mendapatkan unta yang dapat aku beli.” Rasulullah memerintahkan kepada laki-laki itu untuk membeli tujuh ekor kambing dan menyembelihnya. HR Ahmad bin Hanbal dan Ibnu Majah dengan sanad Sahih

“Hukum Berqurban” Menurut Fuqaha Imam Abu Hanifah : ” Hukumnya wajib dilakukan sekali dalam setahun.” Menurut Fuqaha Maliki, Syafii dan Hanbali : ” Hukumnya Sunnah Muakkadah ( amat dianjurkan ) Pendapat ini didasarkan pada sabda Rasulullah saw : “Ada tiga hal yg wajib atasku ( Nabi Muhammad ) dan sunah bagi kamu ( Ummat Islam ) ; Shalat witir, Menyembelih Qurban, Shalat Dhuha.” ( Hr. Ahmad, alhakim, daruquthni dari Ibnu Abbas )

Para Fuqaha juga berbeda pendapat urutan hewan qurban yang utama. Fuqaha mengatakan urutannya : Unta, Sapi, Domba dan Kambing. Fuqaha yg lain : Domba, Unta, Sapi dan kambing. Perbedaan itu karna Rasulullah secara qauliyah tdk pernah mengatakan hewan qurban ini lebih utama dari hewan qurban yang lain. Kalau secara fi’liyah Rasulullah menyembelih dua ekor domba. Satu disembelih untuk dirinya dan keluarganya dan satu lagi disembelih untuk umatnya.

Dalil di syariatkannya qurban satu ekor unta atau sapi utk tujuh orang. Hadis dari Jabir ra : ” Rasulullah memerintahkan kami untuk berserikat dalam qurban unta atau sapi, yakni seekor untuk tujuh orang.” ( HR Imam Muslim )

“Pendistribusian daging Qurban.” Pendapat Fuqaha Hanafiah hukumnya sunnah daging qurban itu dibagi tiga: Sepertiga untuk pemiliknya, sepertiga dihadiahkan meskipun orang kaya, dan sepertiga disedekahkan fakir miskin, Rujukannya ( al-Hajj 36 ).

Pendapat Fuqaha Malikiyah bahwa daging Qurban itu tdk perlu dibagi-bagi, kecuali bagi yang memerlukannya.
Pendapat Fukaha Syafi’iyah : Wajib disedekahkan, sunah diberikan kpd karib krabat sekalipun kaya, dan sunah bagi pemiliknya sekedarnya.
Menurut fuqaha Hambaliyah : Wajib sepertiga bagi pemiliknya, sunah sepertiga bagi fakir miskin dan sepertiga dihadiahkan.
Menurut sebagian ulama : ” Bahwa tidak ada larangan seseorang menjual daging bagiannya, karna menjual daging bagiannya itu lebih membutuhkan uang bagi keluarganya.” Dalam kaidah ushul fiqih ” Al-Ashlu fil asy-ya al-ibahah hatta yadullad dalilu ‘alat tahrim.” Artinya ” Pada dasarnya segala sesuatu itu diperbolehkan sepanjang tidak ada dalil yang melarangnya atau mengharamkan.”

Hewan qurban yang syah dan afdhol menurut Para Fukaha : Harus hewan ternak ( unta, sapi, kerbau, domba/kibasy/kambing ) Umurnya : Unta 5 th, sapi/ kerbau 2 th, kambing/ domba/ kibasy 1 th lebih, boleh jantan atau betina. Hewannya tidak boleh cacat, sakit dan kurus. Yang berqurban afdholnya menyembelih sendiri atau diwakilkan dengan menyaksikan penyembelihannya, dibagikan sendiri atau diwakilkan dan dari harta /mal sendiri yang halal dan baik bukan dari meminta-minta. Adapun hikmah-hikmah yang terkandung dari ibadah qurban yaitu
1. Sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah
2. Sebagai tanda syukur kepada-Nya
3. Bukti ketaqwaan kepada-Nya
4. Untuk mengagungkan atau syiar
5. Sebagai sarana rasa kasih sayang antara yg mampu dengan yang tidak
6. Mengandung banyak kebaikan setiap helai bulu-bulunya dihitung hasanah
7. Amal yg paling disukai Allah SWT.

Dengan pembinaan rohani dan mental tersebut diharapkan personil Polsek lebih memahami dan lebih meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah sehingga dapat lebih baik lagi dalam tugas sebagai personil Polri, kata Kapolsek Kawasan Muara Baru Akp. Mulyana, SHIMG-20160830-WA0030

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *